Board Book Unik, Membaca Jadi Makin Asyik - mizanmu.id

Board Book Unik, Membaca Jadi Makin Asyik

Ayah Bunda pasti menginginkan putra-putrinya belajar dasar-dasar agama Islam sejak dini, bukan? Sayangnya, seringkali anak-anak lebih tertarik pada media yang menyajikan materi hiburan seperti cerita, lagu, dan permainan. Orangtua pun memiliki keterbatasan ketika mengajak putra-putrinya belajar membaca hijaiah, mengajarkan hafalan doa sehari-hari, bacaan shalat, dan materi dasar keagamaan lainnya.

Gambar: sampul buku Berdoa, Yuk! dan Hijaiahku seri Sali Saliha dari Pelangi Mizan

 

Alhamdulillah, saat ini sudah banyak buku yang mengajarkan pengetahuan dasar Islam yang disajikan dalam format menarik untuk anak-anak. Buku yang berisi pengajaran, kini dikemas dengan visual dan gaya gambar khas anak-anak. Bentuk buku juga disesuaikan dengan tingkat usia, misalnya untuk usia balita, bahan buku terbuat dari kertas yang keras dan tidak mudah sobek. Format seperti ini dikenal dengan istilah board book. Untuk usia sekolah dasar, digunakan kertas biasa dan lebih tebal serta jumlah halaman yang lebih banyak.

 

Dari sisi visual buku, pastinya menampilkan gambar yang khas anak-anak dan dicetak full colour. Teks dan penataan halamannya disesuaikan dengan daya baca anak. Biasanya kandungan teks lebih sedikit dan gambar lebih dominan.

Gambar: contoh isi buku Berdoa, Yuk!

 

Mengenalkan huruf hijaiah dan doa sehari-hari untuk usia balita kini juga dipermudah karena bentuk bukunya yang sangat menyenangkan untuk mereka. Orangtua lebih mudah memotivasi anak untuk membaca karena tampilan bukunya yang mengasyikan.

 

Tidak hanya itu, sejumlah buku untuk anak dan balita juga dilengkapi dengan aplikasi Augmented Reality (AR). Aplikasi yang dimainkan melalui smartphone ini akan menampilkan animasi, suara, dan gerak jari ketika memainkan games-nya. Dengan begitu, aktivitas membaca bersama anak akan lebih menyenangkan.

Gambar: bermain bersama Sali dan Saliha lewat fitur AR

 

Di buku seri Sali Saliha berjudul Berdoa, Yuk! dan Hijaiahku, misalnya, balita Ayah Bunda tidak hanya akan asyik menikmati bukunya yang berwarna saja, tetapi juga dapat menikmati aplikasi AR yang menampilkan animasi Sali Saliha. Bukan sekadar animasi saja lho, tetapi Sali Saliha akan mengajak pembaca menulis huruf hijaiah dan menghafal doa!

 

Semua proses belajar menghafal hijaiah dan menghafal doa akan lebioh mudah diingat oleh anak karena melibatkan seluruh panca inderanya. Anak bisa mendengar bacaan doa dan belajar menulis huruf hijaiah di smartphone Ayah Bunda.

 

Ayah Bunda bisa melihat beberapa keunggulan dan manfaat yang didapatkan dari buku Sali Saliha yang menjadi teman belajar putra-putri tercinta (dikutip dari artikel Yang Unik Yang Menarik):

 

  • Buku ini berbentuk tidak biasa seperti buku pada umumnya alias tidak kotak. Bagi anak-anak yang selalu ingin menemukan hal-hal baru, bentuk buku seperti ini menjadi poin penting dalam pengalaman kognitifnya.
  • Di halaman sampul depan dan belakang lebih menonjolkan gambar karakter Sali dan Saliha yang lucu dan ceria. Penokohan bagi anak-anak merupakan cara efektif untuk ditiru. Oleh karena itu, karakter dalam bentuk manusia ataupun binatang (fabel) sangat penting.
  • Buku ini dilengkapi dengan kegiatan interaktif; tidak hanya membaca informasi searah, tetapi ada juga aktivitas menebalkan huruf, mencari jejak, dan asosiasi visual yang akan menjadi daya tarik anak-anak.
  • Adanya teknologi digital juga memperkuat daya tarik buku ini, yaitu teknologi Augmented Reality (AR). Tentu saja, fitur ini tidak mengganggu esensi untuk mengenalkan buku kepada anak-anak sejak usia dini.
  • Buku ini berbahan ringan, aman, dan berkualitas tinggi dengan didukung hasil cetakan yang baik. Tentu saja, warna-warna yang digunakan pun terlihat menarik dan eksklusif.
  • Kedua buku ini memiliki teman yang sangat penting untuk keluarga Muslim, yaitu mengenal huruf hijaiah dan doa sehari-hari.

 

Sali Saliha merupakan karakter yang menjadi tokoh utama pada buku paket seri Halo Balita yang terbit sejak tahun 2005. Sali Saliha akan tampil pertama kalinya dalam format animasi 3D di aplikasi Penuntun Sali Saliha yang digunakan bersama buku ini.

 

Aplikasi AR Penuntun Sali Saliha bisa di-download secara gratis dan bisa langsung dimainkan. Aplikasi ini berisi 4 menu utama yaitu: Membaca buku Berdoa, Yuk!, membaca buku Hijaiahku, bacaan doa sehari-hari, dan mewarnai.

Informasi selengkapnya, bisa Ayah Bunda dapatkan pada tautan berikut:

https://pelangimizan.id/preorder-sali-saliha/

 

Penulis:

Fanfan Darmawan

Markom Pelangi Mizan

Tags:
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Open chat