MizanMU Lahir Untuk Mendukung Para Patriot Literasi

Tulisan ini saya persembahkan sebagai “peletakan batu pertama” lahirnya MizanMU yang saya dan tim bidani dari nol sejak bulan Oktober 2019, anak kandung PT. Mizan Media Utama, distributor utama kelompok penerbit Mizan. MizanMU adalah platform untuk memudahkan siapapun yang ingin berjualan buku-buku terbitan kelompok penerbit Mizan. Diciptakan untuk menjawab tantangan zaman di dalam industri literasi yang tidak luput dari hantaman arus distrupsi.

MizanMU juga lahir sebagai wujud penghargaan kepada para penjual buku daring relasi distributor Mizan Media Utama, yang bertahan menjual buku original di tengah godaan manis menjual buku bajakan ilegal. Industri penerbitan kini dihadapkan tantangan distrupsi, peralihan pola konsumsi pembaca buku, rendahnya minat baca dan betapa mudahnya mendapatkan buku bajakan secara daring. Menjual buku bajakan adalah tindakan kriminal yang pelan-pelan membunuh satu per satu elemen dalam industri penerbitan: penerbit, penulis, editor, ilustrator, distributor, toko buku, karyawan penerbitan, kuli angkut buku, hingga office boy dan satpam.

Maka dari itu, kami menganggap, para penjual buku daring yang masih menjual buku original adalah patriot literasi. Mengutip tulisan Andrea Hirata dalam buku “Orang-Orang Biasa”:

Berjualan buku di negeri di negeri yang penduduknya tidak suka membaca adalah tindakan heroik (hal.37).

MizanMU berusaha menjadi sebuah dukungan dan wujud terima kasih untuk tindakan heroik para penjual buku daring yang berkontribusi menyelamatkan ekosistem perbukuan bersama-sama. Dengan fitur-fitur dan layanan yang terus disempurnakan untuk memudahkan transaksi antara distributor dan para penjual buku daring yang datang dari berbagai bidang: mulai ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan, orang-orang yang terdampak pandemi, anak sekolah, hingga beberapa toko buku daring profesional yang telah memiliki nama besar.

MizanMU juga terbentuk dari spirit membuat ekosistem penjualan buku yang sehat dengan kesempatan merata, tidak melulu tersentral pada pemilik kapital besar. Kami ingin menjadi mercusuar yang menerangi lautan kesempatan, menunjukkan bahwa berjualan buku original masih menguntungkan bagi siapa pun yang mencintai buku.

Di halaman belakang tulisan ini, saya mewakili jajaran tim MizanMU ingin berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung lahirnya MizanMU sebagai bagian dari reformasi distribusi di dalam kelompok penerbit Mizan. Para direksi Mizan Publika, pimpinan Mizan Media Utama, tim penjualan online Mizan Media Utama yang dengan sabar menjalankan roda penjualan daring B2B sebelum sistem selesai: Yuni Kurniati, Ami Sumiati, Mamat, Eko, Nuna. Tim developer sistem MizanMU yang menjadi insinyur tangguh hingga mimpi dan konsep besar ini dapat terwujud: Qoriah Asri Lestari, Irfan Farid, Dedi Supriyanto.

Ucapan terima kasih paling istimewa dihaturkan untuk kalian para penjual buku daring original, para patriot literasi, ksatria berani penjaga ekosistem perbukuan.

 

Dipa Utomo

Head Project MizanMU.id

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Open chat