7 Rekomendasi Buku Novel Sastra Pilihan Terbaik - mizanmu.id

7 Rekomendasi Buku Novel Sastra Pilihan Terbaik

Novel salah satu genre yang sedang membumi hingga detik ini masih banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dengan gaya bahasanya yang lugas dan mudah diimplementasikan. Tahukah kamu, ternyata novel memiliki beberapa subtema yang berbeda, yakni ada Fiksi, Fantasi, Memoar, Autobiografi, dan Sastra. Hingga detik ini Novel selalu menjadi buku andalan untuk dibaca di seluruh dunia, termasuk Indonesia dan menjadi buku best seller dari masa ke masa. Tidak hanya itu, Novel juga berisi aspek-aspek kemanusiaan yang lebih mendalam dan menjadikan jalan ceritanya lebih baik serta ikut melestarikan budaya peradaban masyarakat sehingga dapat melihat pemandangan daerah atau mancanegara.

Oleh karena itu, dengan membaca novel seseorang akan terbiasa dengan bahasa, kalimat, serta ungkapang baru yang jarang ditemui. Dengan demikian, novel secara tidak langsung akan memberikan pembacanya akan kaya ilmu dan wawasan.

Nih, ada beberapa jenis novel sastra yang cocok untuk kamu dan bisa dijadikan koleksi. Berikut ini adalah rekomendasinya yang telah dirangkum Mizanmu.id.

MAX HAVELAAR

 

Pada tahun 1859, Eduard Douwes Dekker, seorang keturunan Belanda yang didasarkan pada Indonesia, ia menulis buku yang berjudul Max Havelaa r. Dalam buku ini Douwes Dekker menggunakan nama samaran “Multatuli”.

Buku merupakan kumpulan dari berbagai jalinan kisah cerita. Pengetahuan dari kisah tentang Batavus Droogstoppel, seorang pedagang kopi dan tentang sesorang kaya raya yang kikir. Cerita ini merupakan simbol bagaimana Belanda mengeruk keuntungan dari daerah jajahannya. Kisah tentang masyarakat lokal dirangkaikan dalam buku ini, misalnya, kisah tentang Saidjah dan Adinda. Selain cerita tersebut, juga ada komentar dan tulisan mengenai pengalaman Multituli yang bekerja untuk Hindia Belanda.

Pada awalnya, buku ini menerima banyak kritik. Namun, tetap jaja buku dicetak ulang beberapa kali. Buku ini masih diterbitkan sampai sekarang dan telah dikirim ke dalam lebih dari 40 bahasa. Bahkan, penulis Indonesia Pramoedya Ananta Toer lihat buku ini di  New York Times tahun 1999 sebagai “Buku yang Membunuh Kolonialisme”. Buku ini masih bisa didapatkan secara eksklusif hanya di sini .

 

SERIS KAHLIL GHIBRAN 

Kahlil Gibran adalah seorang seniman, penyair dan penulis Lebanon-Amerika. Saat muda, Gibran bermigrasi dengan keluarganya ke Amerika dimana beliau belajar dan memulai karirnya di dunia literasi. Di Arab, Gibran dikenal sebagai pemberontak sastra dan politik. Gaya romantisnya adalah jantung dari kengakitan di sastra Arab modern terutama pada puisi prosa. Di Lebanon, beliau dirayakan sebagai Pahlawan Sastra. Kahlil Gibran adalah penyair terlaris ketiga sepanjang masa, di belakang Shakespeare dan Lao-Tzu.

Paska kepergiannya, kumpulan karya Kahlil Gibran telah dikirim ke dalam 20 bahasa dan masih terus dicetak ulang hingga kini. Masih penasaran kan, bagaimana tulisan tokoh yang mendunia ini? Yuk, Langsung cek  bukunya di reseller Mizanmu.id .

 

MEMAG JODOH

Hamli tak pernah merasakan kepastian, keputusannya untuk menerima beasiswa Belanda demi melanjutkan sekolah ditentang oleh orangtuanya. Orangtua yang mengharapkan dia akan mendukung sepenuh hati. Namun, adat Minang yang mengikat erat ternyata membelenggu cita-citanya. Hamli pun kemudian memutuskan untuk melanggar adat, merantau demi ilmu. Dan udara dia bertemu dengan mojang Priangan yang menawan ketika pilihannya harus diambil. Hamli rela “dibuang” oleh orang tua dan orangtua cintanya.
Kisah semiautobiografi Marah Rusli ini adalah salah satu karya klasik yang hilang dari ranah sastra Indonesia.

Siapa yang mengira bahwa menyanyikan sastrawan besar, Marah Rusli, menyimpan kisah cinta yang sensitif dan abadi? Melalui  Memang Jodoh , Marah Rusli sekali lagi mempersembahkan sebuah warisan berharga bagi dunia sastra Indonesia. Perlu diketahui bahwa Novel “Memang Jodoh” Ini merupakan novel terakhir sakaligus Autobiografis seorang Marah Rusli.

Masih penasaran dengan kisahnya yang penuh lika-liku? Yuk, jangan lupa kunjungi link berikut ini !

 

CINTA DI DALAM GELAS

Novel “Cinta di Dalam Gelas” karya Andrea Hirata ini mengisahkan sosok Ikal, seorang bujang keturunan melayu, yang bekerja sebagai pelayan di Warung Kopi Usaha Kau Kenang Lagi milik pamannya yang memiliki kecintaan besar pada kopi.

Novel ini menceritakan tentang perjalanan nasib Maryamah binti Zamzami atau biasa di panggil Enong. Enong berjuangan bersama Ibunya untuk membesarkan ketiga adeknya, berdoa yang sudah tiada. Enong seorang wanita yang tangguh sejak usianya masih 14 tahun enong sudah bekerja keras menjadi pendulang timah, dia berusaha memenuhi apa yang dibutuhkan ketiga adiknya dari seorang ayah. Lalu, bagaimana kisah selanjutnya dari tokoh Maryamah ini?

Daripada penasaran, yuk langsung cek aja ke sini !

 

PADANG BULAN

Padang Bulan adalah buku yang berkisah tentang Enong, gadis kecil yang berusia 14 harus kehilangan sosok seorang ayah dan mengemban tugas sebagai anak pertama yang begitu berat. Enong harus meninggalkan sekolahnya demi sekolah adik-adiknya dan mengambil pekerjaan yang hina, yaitu seorang pendulang timah. 

Akan tetapi kebahagiaan Syalimah tidak berlangsung lama, karena kecelakaan menimpa pemulihan. Zamzami tertimbun tanah akibat longsor. Akibat dari kejadian itu Syalimah Kehilangan tulang punggung keluarga. Terkait gadis kecilnya yang disetujui 12 tahun, yang bernama Enong yang sangat suka bahasa Inggris, harus berhenti lantaran diterima, Enong harus berhenti dari bangku sekolah kelas 6 dan Enong harus mengambil alih bantuan yang berhubungan dengan keluarga. Meskipun tidak lagi berhasil di sekolah, namun semangat Enong tetap kuat untuk menguasai bahasa Inggris.

Lalu, bagaiman kelanjuta kisah gadis kecil yang harus bekerja di usia belia? Langsung aja beli dan pesan bukunya di sini !

 

HATTA: AKU DATANG KARENA SEJARAH

Buku berjudul “Hatta, Aku Datang karena Sejarah” merupakan sebuah novel yang disusun karena kekaguman penulis terhadap sosok Hatta. Moh Hatta merupakan proklamator yang sederhana dan bersahaja. Buku ini menceritakan perjalanan sosok Hatta kecil yang bermimpi menempuh pendidikan di Mekkah. Namun, mimpi tersebut kandas karena sang Ibu yang tidak menginginkannya karena usia Hatta yang masih kecil. Sejak kecil Hatta dididik menjadi pribadi yang disiplin dan memiliki akhlak yang mulia. Oleh karena itu Hatta tidak putus asa akan mimpinya yang tidak tercapai. Hingga usia tujuh belas tahun, Hatta membulatkan tekadnya untuk menempuh pendidikan di Jakarta.

Abdul Muis pernah berkata, anak-anak muda adalah harapan bangsa yang menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Berkat kata-kata tersebut Hatta melanjutkan studinya di Belanda dan pada akhirnya dia terpilih menjadi ketua Perhimpunan Indonesia. Ingin lebih dalam mengenal sosok Hatta melalui kisahnya? Yuk, mending langsung order bukunya ke link ini .

 

7 MANUSIA HARIMAU: RAHASIA KITAB TUJUH

Keberadaan Gumara yang awalnya hanya datang sebagai guru di Kumayan membangkitkan kekuatan-kekuatan mistik yang selama ini terkubur. Para pendekar dari ilmu putih atau hitam, bermunculan dan berupaya mendapatkan Kitab Tujuh yang asli. Kitab tertinggi dalam Ilmu Harimau. Sayangnya akibat perburuan dan pengaruh ilmu iblis, Harwati, putri Ki Lebai Karat, jadi gila dan hanya Pita Loka yang memiliki Permata Sulaiman yang bisa menyembuhkannya. Namun, Pita Loka justru mencampakkan permata itu dan pergi mengembara. Dia tak mau menyembuhkan Harwati, meski Gumara memohon dan membuntutinya. Sementara itu, di Kumayan muncullah seorang pemuda yang mengaku sebagai Dasa Laksana, mau berguru pada pendekar Harimau, Ki Putih Kelabu.

Siapakah Dasa Laksana ini? Apa hubungan dia dengan Dasa Laksana gila yang pernah mengobrak-abrik Kumayan dengan ilmu iblisnya?

Sebelumnya, sosok harimau dan hubungan ajaib antara manusia dengan harimau telah muncul dalam dunia fiksi kita jauh sebelum Eka Kurniawan menerbitkan Lelaki Harimau (2004) yang kini telah diterjemahkan ke sejumlah bahasa asing dan mendapat sambutan hangat di berbagai belahan dunia, bahkan meraih penghargaan internasional. Salah satunya bisa disebut serial 7 Manusia Harimau karya Motinggo Busye (1937-1999) yang lebih dikenal sebagai pengarang novel drama asmara pada 1960-an.

Nantikan kisah selengkapnya dengan membeli bukunya melalui link  Mizanmu.id

Ayo, dibeli bukunya sekarang juga jangan sampai kehabisan!!

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Open chat