Wajib Tahu 5 Kebiasaan Buruk Membaca Buku yang dapat Merusak Mata -

Wajib Tahu 5 Kebiasaan Buruk Membaca Buku yang dapat Merusak Mata

Apakah kamu termasuk orang yang hobi baca buku? Membaca buku bukan hanya menambah wawasan, melainkan menambah kosakata baru dalam kehidupan sehari-hari. Membaca buku adalah kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Tidak hanya itu, kamu bisa membacanya sambil ditemani dengan makanan atau minuman favorit biar waktu yang kamu punya jadi produktif dan bermanfaat.

Nah, oleh karena itu sadar atau tidak, membaca buku juga bisa membawa dampak buruk lho. Ingat ya, bukan kebiasaan dari membacanya, melainkan bagaimana kamu membaca bukunya. Mulai dari posisi tubuh hingga jarak baca, ternyata membawa dampak langsung ke tubuh kita tanpa disadari. Apa saja ya kesalahannya?

Yuk, simak kebiasaan buruk dari membaca buku yang dapat merusak mata telah dirangkum oleh Mizanmu.id

1. Membaca sambil tiduran

 

 

 

 

 

 

 

 

Kebiasaan yang selama ini dilakukan tanpa sadar sebelum tidur adalah membaca buku sambil tiduran. Kamu tahu tidak, kalau membaca buku sambil tiduran itu dapat merangsang mata cepat letih dan ini bisa membawa dampak buruk jangka panjang, yaitu kelemahan mata yang akibatnya mengurangi ketajaman mata.

 

2. Jarak membaca terlalu dekat

 

 

 

 

 

 

 

Membaca buku dengan jarak yang lebih dekat merupakan kebiasaan yang buruk karena mata kamu memiliki standar tersendiri dalam bekerja. Nah, dengan jarak yang terlalu dekat pula memungkinkan mata kamu cepat merasa lelah dan membuat mata perih.

 

3. Membaca buku di ruang minim cahaya

 

 

 

 

 

 

 

Semakin cerah ruangan saat kamu membaca, maka akan semakin santai saat membaca buku. Sebaliknya, jika cahaya semakin redup, maka mata kamu akan cepat merasa lelah. Karena mata kamu bekerja ekstra untuk tetap aktif. Kalau begini, bisa membuat mata kamu akan rusak di kemudian hari.

 

4. Membaca di dalam kendaraan

 

 

 

 

 

 

 

Masalah ini banyak banget dialami lho, bisa jadi kamu salah satunya. Mereka yang sudah addicted dengan buku, biasanya akan membaca buku di mana-mana. Salah satunya di dalam bus atau mobil. Hal ini membuat kamu merasa pusing dan mual karena pandangan dan kondisi tubuh kamu tidak sinkron. Saat kamu membaca buku, maka kamu akan memaksakan mata untuk fokus pada suatu tempat, sementara tubuh kamu bergerak mengikuti arah kendaraan. Hal inilah yang membuat kamu merasa tidak nyaman.

 

5. Membaca buku dengan teks terlalu kecil

 

 

 

 

 

 

 

 

Terakhir, memaksimalkan fungsi kerja mata membuat mata kamu terlalu cepat lelah. Maka dari itu, kamu jangan membaca buku dengan tulisan terlalu kecil ya, karena membuat mata kamu bekerja lebih banyak dan akan membawa dampak buruk bagi kualitas mata kamu.

Nah, para readers sudah tau kan kelima poin di atas kalau membaca buku dengan posisi yang tidak baik bisa merusak mata kamu. Yuk, sadari dan hindari kebiasaan buruk kamu saat baca buku sebelum terlambat.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

Open chat